[Masalah] Penyebab Ac Mobil anda tidak Dingin/Sejuk (Panas)

Tips Agar AC mmobil Tetap dingin.Begitu pun ketika pengukuran suhu di lakukan untuk ac mobil yang normal, ketika pengukuran di lakukan di mobil yang sama pada malam hari.Suhu diluar menunjukan 26,8 derajat celsius,ketika dilakukan pengukuran suhu di dalam kabin bisa mencapai 14 sampai 16 derajat celsius.

Biasanya pengukuran suhu dilakukan di grill ac untuk mengetahui kapan saat temperatur cut off dari kompressor ac seperti terlihat gambar berikut.

Cara mengukur suhu ac mobil lewat grill ac
 
AC mobil tidak dingin atau kurang dingin,sebenarnya adalah relatif kenapa? Karena dingin atau tidaknya tergantung dari suhu di luar kabin atau suhu di luar mobil. Kebanyakan perbedaan suhu di luar dengan di dalam kabin memiliki selisih kira-kira 10 derajat celsius. Dengan kata lain kalau suhu diluar kabin terukur 32 derajat celsius, maka sudah cukup dingin kalau suhu di dalam kabin berkisar 20 sampai 22 derajat celsius.
Berikut beberapa hal yang menjadi penyebab AC mobil tidak dingin atau kurang dingin:

1.Freon kurang atau habis
Freon kurang terjadi karena kebocoran yang terlalu kecil hanya pada tekanan tertentu, pada tekanan tersebut ada kemungkinan bocor berhenti, sehingga freon tidak sampai habis sama sekali. Kebocoran seperti ini sering di temui pada sel o ring pada sambungan-sambungan pipa ac serta pada seal saft kompressor atau pun pada relief valve pada kompressor, tapi pengaruhnya ac bisa kurang dingin. Sedangkan kalau freon habis sudah jelas akan menyebabkan ac mobil tidak dingin.

2.Kondensor dan Radiator kotor
Permukaan kondensor atau radiator yang kotor akan membuat pembuangan panas dari freon gas bertekanan tinggi pada kondensor terjadi tidak sempurna sehingga proses kondensasi juga tidak sempurna.
Lihat Cara Kerja Kondensor.

3.Motor Cooling Fan Mati, Putaran lemah atau Putaran terbalik
Jika motor cooling fan terganggu, putaran lemah atau mati mengakibatkan pembuangan panas di kondensor tidak berjalan dengan baik. Begitu pula jika putaran motor cooling fan terbalik dalam artian  arah angin yang di hembuskan mengarah kedepan mobil, kemungkinan ini bisa terjadi karena kurang teliti. Atau karena motor cooling fan yang sama tidak di dapatkan di toko sparepart sehingga menggunakan tipe lain.

4.Field Coil atau spul magnetic clutch

Gambar Komponen Magnetic Clutch
Spul magnetic clutch jika mati,putus atau terbakar menyebabkan armature asembly tidak terhubung dengan puli kompressor ac yang berputar dengan mesin.

Gambar Puli Kompressor ac mobil

Atau Disini

Untuk Pemesanan toyota Hubungi 

toyota cikarang
Suratno (Ratno)
ratnosmile@gmail.com
Sales Executive Toyota
Auto 2000 Bekasi, Jawa Barat
Call :
0815 4217 4763 -- 021 4659 1278
0852 1125 3555 -- 0878 7741 8080


0 komentar:

Post a Comment

Follow Harga Toyota to your Email