Transformasi Yaris Mulai Bernama Starlet Hingga Menjadi Heykers

04/11/2016

Toyota Yaris HeykersHEYKERS merupakan kata serapan dari “hike” atau “hiking” Kehadiran Toyota Yaris tidak lepas dari sosok Toyota Starlet yang

Toyota Yaris Heykers

HEYKERS merupakan kata serapan dari “hike” atau “hiking”

Kehadiran Toyota Yaris tidak lepas dari sosok Toyota Starlet yang menemani masyarakat sejak 1985, dengan mesin 1.000 cc dan 1.300 cc yang handal. Periode 90an, Toyota Starlet menemani perjalanan masyarakat Indonesia hingga 1999 dimana TAM menghentikan penjualan Starlet.


Sejak berhentinya penjualan Starlet, praktis Medium Hatchback Toyota kembali vakum. Baru pada Februari 2006, TAM membawa utuh Yaris dari Thailand untuk kembali membidik pasar anak muda yang dahulu  dikuasai Starlet.

Tema “All About Fun” diusung untuk menegaskan konsep Yaris yang sesuai dengan anak muda atau bagi  mereka yang memiliki jiwa muda.  Hingga 2013, Yaris telah mengalami berbagai ubahan agar tampilannya makin modern dan fresh. 2008, Yaris mendapat tambahan varian berupa TRD Sportivo dengan tampilan sporti.

Satu tahun kemudian, berdasarkan permintaan pasar, Yaris mengalami Minor Change dengan ubahan terletak pada bumper depan-belakang, tambahan spoiler pada varian S, lampu utama serta radiator grille. Pada  Interior pun mengalami penyegaran dengan warna dan bahan bangku, serta Audio Steering Switch pada tipe S.

Pada 2010, Yaris mengalami penyegaran pada TRD Sportivo menjadi versi 2. Dan terakhir pada 2011  dengan penambahan antara lain fitur back sonar. Maret 2014, TAM meluncurkan Yaris generasi terbaru dengan desain yang sama sekali baru mengedepankan “Advanced fascinating true Hatchback”.


All New Yaris mengalami penambahan panjang 315 mm dan lebar bertambah 5 mm, namun tingginya lebih rendah 45 mm untuk mendapatkan karakter lebih aerodinamis.

Yang menarik dari tampilan All New Yaris adalah Trapezoidal Grille yang tidak hanya menghadirkan kesan stylish namun memiliki unsur fungsional lebih dinamis untuk membelah angin. All New Yaris hadir dengan fitur keselamatan yang optimal di kelasnya. Antara lain ABS, EBD dan BA. Untuk penumpang sudah terlindungi Dual SRS Airbag serta Seatbelt tiga titik untuk semua penumpang.

Generasi terbaru Yaris ini diproduksi dalam negeri oleh PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) setelah sebelumnya dari 2006 hingga 2013 Yaris di-impor langsung dari Thailand. All New Yaris memiliki konten lokal sebanyak 60%.

New Yaris & New Yaris Heykers

Melalui semangat Let’s Go Beyond, di penghujung 2016 Toyota hadirkan New Yaris dengan tampilan Stylish & Fun melalui Bumper Spoiler, Roof Spoiler, Side Stripe serta new design alloy wheel. Yang menarik Roof
Spoiler pada TRD Sportivo disematkan warna merah untuk menambah kesan sporty dan lifestyle.

Yaris TRD Sportivo warna khusus

Sementara New Yaris Heykers tampil dalam tema Urban Adventure dengan desain yang berbeda. Terlihat pada bumper depan, overfender, roofrail, side protection moulding, side skirt, rear spoiler dan rear bumper.

Yaris Heykers

Perubahan utama dari New Yaris Heykers ada pada ground clearance. New Yaris memiliki ground clearance sebesar 149 mm, sementara pada New Yaris Heykers bertambah 35 mm menjadi 184 mm berkat penggunaan TRD Suspension (+20 mm) serta ban yang lebih besar 195/55 R16 (+15 mm).

Nama “Heykers” berasal dari ‘hikers’ atau ‘hiking’ yang berarti jalan kaki untuk rekreasi atau berpetualang. Perubahan kata ‘hi’ menjadi ‘hey’agar berkesan lebih casual dan lebih Fun.

Engine & Transmission New Yaris

Pada New Yaris dan New Yaris Heykers, mesin lawas 1NZ digantikan dengan 2NR-FE berkapasitas 1.496 cc yang didukung teknologi Dual VVT-i. Berkat mesin anyar ini, konsumsi bahan bakar Yaris M/T lebih hemat hingga 17%, sementara Yaris ber-transmisi baru 7-speed CVT sequential lebih hemat hingga 30%.

Transmisi CVT 7-speed

Audio Entertainment New Yaris

Ubahan interior pada semua New Yaris antara lain pada desain Audio Entertainment anyar dengan  kemampuan DVD dan koneksi HDMI, telefon, Internet + Miracast/Mirroring (Tipe G, TRD & Heykers). Fitur ini dapat menampilkan smartphone secara realtime pada layar touchscreen 7” yang dapat menampilkan navigasi, video, music dan lainnya.

Designers New Yaris

Yaris Heykers pertama kali muncul di public pada GIIAS 2015 dengan respon yang sangat positif dari pengunjung. Atas permintaan pasar, maka Toyota Indonesia mengajukan desain Heykers ini ke TMC, dan akhirnya mendapat persetujuan untuk dijadikan line-up baru New Yaris.

Dibawah naungan Donny Adhi Yuwono selaku Chief Designer TAM Design, Yaris Heykers tampil menawan. Adalah Akbar Juniarto yang bertanggung jawab terhadap keseluruhan desain Heykers. Sementara Arif
Aulia Rahman berkutat pada kaki-kaki Heykers agar tampil bagai Urban Adventure.

Baca: Inilah Video Toyota Yaris Heykers yang Akan Launching Hari Ini
Admin
 

International