Cara Mengaktifkan Tuas Cruise Control pada New Toyota Corolla Altis 1.8 V 2017

18/03/2017

New Toyota Corolla Altis telah dilengkapi dengan fitur cruise control,untuk membuat mobil melaju konstan tanpa bantuan pedal gas.Jakarta, Hargatoyota.com –

New Toyota Corolla Altis telah dilengkapi dengan fitur cruise control,untuk membuat mobil melaju konstan tanpa bantuan pedal gas.

Jakarta, Hargatoyota.com – Bila Anda mencoba New Toyota Corolla Altis 1.8 V, akan kemudian menemukan sebuah tuas di belakang setirnya. Tuas apakah itu?

Tuas tersebut adalah tuas untuk mengaktifkan cruise control, yaitu fitur yang dapat membuat mobil melaju konstan tanpa perlu menginjak pedal gas dengan kecepatan yang bisa ditentukan oleh sang pengemudi.

“Keuntungannya pengemudi tidak perlu menginjak pedal gas yang akan sangat membantu saat menjelajah di jalan bebas hambatan,” jelas Dadi Hendriadi, General Manager bagian Technical Service Division Head, PT Toyota Astra Motor.

Nah, berbeda dengan tuas cruise control mobil kebanyakan yang meletakkan tombol pengaturnya langsung di setir, New Corolla Altis menyelipkannya dalam bentuk tuas di belakang roda kemudi. Hal ini dilakukan karena sudah banyak sekali tombol pengatur audio dan MID pada setir Altis.

Cara mengaktifkan cruise control Altis

Menekan tombol ini akan memasukkan cruise control ke mode standby
Pertama, tekan tombol ON-OFF pada ujung tuas untuk mengaktifkan fungsi cruise control. Saat ini kecepatan konstan belum langsung diset ketika tombol ini ditekan. Kemudian akan menyala lampu indikator hijau pada bagian atas instrument cluster yang menunjukkan cruise control siap digunakan.

Selanjutnya, silahkan melaju dengan kecepatan yang diinginkan dengan speed minimum di 40 km/jam. Semisal nanti ingin agar cruise control menahan kecepatan kendaraan pada kecepatan 60 km/jam, maka injaklah pedal gas terlebih dahulu sampai mobil mencapai kecepatan tersebut.

Indikator hijau menandakan cruise control siap digunakan, bila bertuliskan 'SET' maka cruise control dalam posisi aktif
Jika spidometer telah menunjukkan kecepatan yang diinginkan, tekan tuas cruise control ke bawah yang ditunjukkan dengan kode ‘SET’. Lalu akan muncul lampu indikator bertuliskan ‘SET’ di instrument cluster, menandakan cruise control kini aktif dan akan menahan kecepatan dengan konstan tanpa pengemudi perlu menginjak pedal gas lagi.

Selanjutnya bila ingin menaikkan kecepatan, maka tahan tuas cruise control ke atas hingga mencapai kecepatan yang diinginkan, sedangkan untuk menurunkan kecepatan tahan ke bawah.

Bila ingin menonaktifkan sementara, Anda bisa injak pedal rem atau tariklah tuas ke dalam maka cruise control akan dalam posisi standby dan akselerasi mobil kembali diatur oleh pedal gas.

Tarik ke dalam untuk cancel fungsi cruise control
Jika setelah itu ingin kembali ke kecepatan cruise control yang sebelumnya diset, tekan tuas cruise control ke atas yang ditunjukkan tulisan ‘RES’.

Bila ingin mematikan cruise control sepenuhnya, kembali tekan tombol ON-OFF dan indikator cruise control akan hilang dari instrument cluster.

Selamat mencoba!



Admin
 

International